Friday, September 6, 2013

Kapan Pertolongan Allah Datang? | Tadabbur QS Al-Ahzab


*by  Ust. Maksudi Nawawi, Lc
Pengajar Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat



Kapan pertolongan Allah datang
(Renungan dalam Surat Al Ahzaab)

Kapan pertolongan Allah datang , sementara  suaudara kita di Mesir lebih dari 5 ribu yang telah syahid, lebih dari 10 ribu yang ditangkap, lebih dari 20 ribu yang terluka? Begitulah  orang-orang yang berpegang teguh membela  kebenaran, mereka persembahkan darah mereka dan jiwa mereka di jalan kebenaran.
Pertanyaan yang muncul adalah: Apakah pertolongan datang terlambat? Mengapa?  Apa penyebabnya? Kapan datang pertolongan Allah? Bagaimana dengan darah yang sudah banyak mengalir juga pengorbanan yang begitu banyak, sementara belum datang pertolongan? Begitu banyak pertanyaan yang muncul yang semuanya membutuhkan renungan kita untuk melihat pelajaran tarbawiyah dalam Surat Al Ahzaab yang kita baca dengan sebenar-benarnya sehingga kita dapat melihat bahwa pertolongan Allah sungguh akan datang.
Pertolongan Allah datang sesuai dengan ketentuan  dan sunnah ilahiayah, ada sepuluh syarat yang mewakilinya antara lain :

1.    Pertolongan Allah itu dekat dan akan datang, ia memiliki tentara yang hanya diketahui Allah, tak seorangpun mengetahui kapan turun dan bagaimana turunya, bisa jadi tentara-tentara itu masih bersembunyi yang tak diketahui siapaun kecuali oleh Allah, bahkan bisa jadi tentara-tentara itu berada dalam barisan musuh kita , Allah gerakan hati mereka lalu  mengasihi kita kemudian merekan perdaya musuh-musuh kita, mungkin juga tentara-tentara itu merupa benda-benta mati akan tetapi kita tak melihat pertolongan itu atau tentara-terntara itu untuk satu hikmah yang dikehendaki Allah   “ maka kami kirimkan kepada mereka angin dan tentara-tentara yang mereka tidak melihatnya “

2.    Pertolongan Allah itu dekat tatkala kita mempersembahkan juhud dan pengorbanan kita , ya kita telah persembahkan ribuan syhid, orang-orang terluka, ribuan yang ditangkap, waktu dan usaha dengan harta anak , jiwa dan kehidupan maka akan datang jawaban ilahi : Dan Allah mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan “ dan Dia ( Allah ) mengetahui tempat kita juga mengetahui kondisi kita sekarang .


3.    Pertolongan Allah itu dekat ketika ujian itu datang begitu hebat dan kekuatan kebatilan bersatu padu mengepung pembela kebenaran dari segala arah , ketika zionis internasional , kaum salibis serta antek-antek mereka yang berada di dunia Arab begitu sangat dengki dengan kita : “ mereka datang dari arah atas dan bawah kalian “ ini merupan kabar gembira akan datangnya pertolongan Allah sudah dekat.

4.    Pertolonga Allah dekat dan akan datang ketika ujian yang menimpa orang-orang beriman sampai pada tahapan yang menggoncangkan mereka, yang membuat hati mereka seakan putus harapan  sampai pada tenggorokan mereka , itulah ujian terberat yang mereka hadapi sebelum turun pertolongan “dan ketika tidak tetap lagi penglihatan (mu) dan hatimu naik menyesak sampai ke tenggorokan(^) dan kamu menyangka terhadap Allah dengan bermacam-macam purbasangka . Di situlah diuji orang-orang mukmin dan diguncangkan (hatinya) dengan guncangan yang sangat.


5.    Pertolongan Allah dekat dan akan datang ketika barisan kebenaran menjadi tampak , orang-orang yang memiliki hati yang sakit dan kaum munafiqun pun menjadi terbaca dengan sendirinya dan terbukalah kedok mereka dihadapan orang-orang yang mereka tipu  “ Dan (ingatlah) ketika orang-orang munafik dan orang-orang yang berpenyakit dalam hatinya berkata: "Allah dan Rasul-Nya tidak menjanjikan kepada kami melainkan tipu daya".

6.    Pertolongan Allah dekat dan akan datang ketika berjatuhan semua daun-daun kebathilan dan tampaklah kebenaran pada saat ujian melanda , orang-orang munafiq itu berkata : “Sesungguhnya rumah-rumah kami terbuka (tidak ada penjaga)". Dan rumah-rumah itu sekali-kali tidak terbuka, mereka tidak lain hanyalah hendak lari”


7.    Pertolongan Allah dekat dan akan datang, tatkala terbuka kedok ahlul bathil dan terungkap rahasia keburukan mereka bagaimana mereka mengkhianati perjanjian mereka. Ketika barisan orang Islam terbebas dari kotoran orang munafiq dan ketika pudar kepercayaan orang-orang terhadap mereka yang menipu kita dengan mengatasnamakan agama, mereka berkata kepada kami : “Mursi tidak akan kembali dan tidak ada manfaat berdemonstrasi juga tidak ada kewajiban keluar terhadap penguasa “  -   Allah berfirman : Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang menghalang-halangi di antara kamu dan orang-orang yang berkata kepada saudara-saudaranya: "Marilah kepada kami." Dan mereka tidak mendatangi peperangan melainkan sebentar.

8.    Pertolongan Allah dekat dan akan datang, ketika kita berada pada dua garis yang dicintai yaitu membela kebenaran dan mengikuti Rasulallah dalam kehidupan kita : “ Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah “.

9.    Pertolongan Allah dekat dan akan datang, ketika hubungan kita dengan Allah semakin kuat, ketika seorang hamba tidak takut kepada selain Allah , maka sesungguhnya Ia ( Allah ) cukup baginya , kepercayaan orang-orang mukmin kepada Allah menjadi benar tatkala mensikapi apa yang terjadi hari ini dengan sikap positif meskipun sangat menyakitkan, anggaplah bahwa ini adalah kabar gembira akan datangnya pertolongan Allah “ Dan tatkala orang-orang mukmin melihat golongan-golongan yang bersekutu itu, mereka berkata: "Inilah yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya(^) kepada kita". Dan benarlah Allah dan Rasul-Nya. Dan yang demikian itu tidaklah menambah kepada mereka kecuali iman dan ketundukan “.

10.    Pertolongan Allah dekat dan akan datang, ketika orang-orang beriman memenuhi janji mereka kepada Allah, mereka mempersembahkan darah mereka dengan murah kepada Allah, yang datang berikutnya melakukan demikian mereka melanjutkan perjuangan pendahunya walaupun pengorbanan sebagai taruhannya “ Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu(^) dan mereka sedikit pun tidak mengubah (janjinya) “

Akhirnya, pertolongan Allah dekat sekali, maka tidak boleh barisan orang Islam menjadi mangsa berita-berita murahan yang tersebar di  sana-sini, jangan biarkan masyarakat termakan oleh berita-berita itu, tatkala tekad kita sudah bulat dan ujian semakin berat maka kita justru melipatgandakan usaha keras kita, kita kokohkan keyakinan kita , kita meminta kepada Allah bukan berputus asa karena pertolongan itu ada waktunya hanya Allah saja yang mengetahui, tidak tertunda juga tidak didahulukan.
Pertolongan datang dengan cara ilahiyah dan urutan robbani sehingga semua mengetahui bahwa pertolongan itu datang dari Allah. Pertolongan memiliki tentara yang hanya diketahui Allah, saat datang tidak didahului muqodimmah, bahkan bisa jadi kita sebenarnya sudah mendapatkannya tetapi kita tidak mengetahuinya.
Pertolongan Allah datang setelah kita mencurahkan semua potensi kita dengan segala pengorbanan kita, karena Allah menyiapkan ummat ini untuk sesuatu yang agung yang menuntut pengorbanan yang agung pula dan ribuan syuhada agar Allah membuka kedok setiap orang-orang munafiq dan membersihkan barisan dari kotoran mereka sehingga peperangan menjadi tamak jelas antara kebenaran dan kebatilan agar “ yaitu agar orang yang binasa itu binasanya dengan keterangan yang nyata dan agar orang yang hidup itu hidupnya dengan keterangan yang nyata (pula) “.
Maka bergembiralah dengan dekatnya pertolongan Allah, berpegangteguhlah kepada kebenaran karena pertolongan itu kesabaran sesaat “mereka kepadamu dan berkata, "Kapan itu (akan terjadi)?" Katakanlah: "Mudah-mudahan waktu berbangkit itu dekat", Allahu Akbar Walillahilhamdu.
 
 
 
Semoga bermanfaat.
Facebook : Rohis SMA NEGERI 1 PURWODADI
 

No comments:

Post a Comment